Tipe Data Pada Pemrograman Berorientasi Objek

Pokok bahasan materi ini adalah penggunaan tipe data pada java creator.

1. Tipe data pada program java

Sebelum mengenal tipe data dalam java, kita kenali terlebih dahulu hal-hal berikut ini .

a. karakter, Merupakan bagian terkecil dalam bahasa java berupa huruf a sampai z (baik kapital atau huruf kecil), angka 0 - 9, simbol atau tanda baca(*-!) serta kode kontrol dalam bahasa pemrograman

b. kata kunci (keyword). kata kunci adalah kata kata baku dalam pemrograman java. terdapat 51 buah kunci yang sering digunakan, misalnya abstract, break, byte, case, class, do, else, final, float, for, dan lain-lain.

c. pengenalan (identifier). pengenal merupakan jenis data yang dideklarasikan pengguna sebagai pengenal dari deklarasi nama kelas atau nama variabel dalam bahasa pemrograman. terdapat ketentuan untuk penamaan pengenal, yaitu :

* pengenal diawali denga huruf, misalnya nama1, bukan 1nama. kita juga dapat menggunakan _(underscore), misalnya nama_1, atau dengan dolar ($).

*Karakter berikutnya dapat berupa angka atau karakter yang lainnya,

* pengenal sangat sensitif sehingga penulisan huruf kapital dan huruf kecil berpengaruh, pendeklarasian nama dengan Nama memiliki arti berbeda.

adapun tipe - tipe data pada java adalah sebagai berikut :
1. tipe data primitif terdiri dari .
~ tipe data bilangan bulat, terdapat 4 tipe data bilangan bulat, yaitu byte, short, integer, dan long. byte terdiri dari 8bit, short terdiri dari 16bit, integer terdiri dari 32bit, dan long terdiri dari 64bit.
~ tipe data bilangan real, merupakan tipe data yang memiliki titik desimal yaitu tipe data float dan double. float berukuran 32bit, dan double berukuran 64bit.
~ tipe data karakter (char), merupakan tipe data yang mewakili karakter apapun
~ tipe data boolean, merupakan tipe data yang digunakan untuk menyatakan logika benar atau salah (true atau false).

2. konstanta pada java
     konstanta merupakan pendeklarasian nilai data yang mempunyai nilai tetap, misalnya nilai phi (3,14) untuk menghitung luas atau keliling lingkaran.

3. variabel pada java
   variabel merupakan lokasi untuk menampung nilai sementara pada pemrograman. Pengguna pendeklarasian suatu lokasi memori dalam bahasa pemrograman untuk menyimpan nilai yang dapat diubah sesuai kebutuhan.

4. statemen atau Pernyataan
    statement (pernyataan) adalah instruksi dalam bahasa pemrograman java berupa kode kode yang dapat dipahami oleh mesin
Previous
Next Post »
Powered by Blogger.